10 Macam-Macam Beasiswa Luar Negeri

Jepang, German, Amerika Serikat, Australia, Korea, Inggris serta negara-negara yang memilki kampus bergengsi didunia merupakan tujuan pelajar pelajar indonesia untuk menuntut ilmu.

seperti kata pepatah mengatakan, tuntutlah ilmu sampai ke negeri china, yang mungkin bisa diartikan sebagai menuntun ilmu seinggi dan sejauh kaki kita melangkah, mendapatkan beasiswa luar negeri pastinya juga merupakan kebanggaan sendiri bagi orang tua dan bagi diri sendiri tentunya.

banyak sekali yang tertarik dengan studi beasiswa ke luar negeri tetapi tahukah anda ada berapa macam beasiswa yang anda  ketahui ? LPDP bukanlah satu satu nya jalan untuk mendapatkan beasiswa karena banyak sekali beasiswa-beasiswa yang berbagai macam jenisnya yang bisa kita ikuti.

Apa sajakan macam macam beasiswa tersebut? Berikut adalah 10 macam beasiswa yang bisa anda ikuti:

1. Beasiswa DAAD

Tujuan utama studi ini adalah ke negara Jerman, negara jerman sudah tidak diragukan lagi untuk masalah kualitas pendidikan dan kredibilitasnya, beberapa nama orang berpengaruh diIndonesia dan diseluruh dunia bahkan jebolan dari Beasiswa ini yaitu mantan presiden Republik Indonesia Bapak BJ. Habibie.

Tidak hanya di Jerman, Beasiswa ini juga mengirimkan para pelajar Indonesia ke sejumlah negara di kawasan Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah serta Eropa Timur. Penerima Beasiswa nantinya akan mendapatkan tunjangan berupa tanggungan biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan lainnya.Setiap tahunnya beasiswa DAAD diberikan sekitar 70.000 beasiswa. Untuk saat ini peminat beasiswa DAAD cukup kecil dibandingkan dengan beasiswa Luar Negeri Lainnya, sekitar 8% peminat.

2. Beasiswa Australia Awards (AAS)

Beasiswa ini menjadi incaran yang banyak peminatnya bagi pelajar Indonesi, sekitar 20% peminatnya. Beasiswa ini dikeluarkan oleh pemerintah Australia dan ditawarkan ke sejumlah negara berkembang termasuk Indonesia dan negara lainnya seperti Asia Timur, Afrika Utara, Timur Tengah, Amerika Latin, Pasifik, Asia Selatan dan Papua Nugini.

Beasiswa ini menawarkan Jenjang lebel studi S2 dan S3 untuk Pelajar Indonesia dengan pilihan kuliah di sejumlah universitas Australia, Penerima beasiswa akan mendapatkan tunjangan berupa tanggungan biaya kuliah, tunjangan hidup, pelatihan bahasa inggris, asuransi kesehatan, tempat tinggal, tiket perjalanan keberangkatan dan pulang ke negara asal, dan tunjangan lapangan kerja di Indonesia atau Australia.

3. Beasiswa Fullbright

Beasiswa Fullbright merupakan beasiswa yang berasal dari pemerintah negara adidaya Amerika Serikat, beasiswa ini ditawarkan ke 155 negara diseluruh dunia temasuk salah satunya Indonesia, tak hanya indonesia, beasiswa ini juga disiapkan bagi warga Amerika Serikat sendiri.

Untuk Indonesia sendiri, Beasiswa ini dikelolah melalui AMINEF, yaitu lembaga yang mengurusi kerjasama pertukaran pelajar AS – Indonesia. Banyak kelebihan yang akan diperoleh penerima beasiswa ini, selain ditanggungkan biaya kuliah, dan pemberian tunjangqan buku, uang saku bulanan, tiket pesawat PP dari negara asal dan asuransi kesehatan, penerima beasiswa ini juga diberi kesempatan untuk melanjutkan kuliah di berbagai kampus ternama di AS.

Beasiswa Fullnright menawarkan berbagai jenis program yang bisa diikuti seperti Fullbright Master of Science  & Technology Initiative Degree Program, Fullbright-DIKTI Master’s Degree Program, Fullbright Presidential Scholarship, Fullbright-Freeport Master’s Degree Program dan lainnya. Beasiswa Fullbright ini menyediakan jenjang level studi S2- S3. Sama seperti beasiswa DAAD, Beasiswa Fullbright hanya 8% peminatnya.

4. Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening atau yang mungkin bisa disebut The British Chevening Awards merupakan beasiswa khusus yang menjaring individu individu yang memilki potensi kepemimpinan. Beasiswa Chevening merupakan beasiswa global yang dikeluarkan oleh Foreign and Commonwealth Office (CFO) dan organisasi mitra.

Beasiswa ini memberikan beberapa tunjangan untuk penerima beasiswa ini yaitu tunjangan biaya hidup, biaya perjalanan pulang pergi, tunjangan kedatangan, uang saku bulanan, biaya tesis dan biaya bahan studi, biaya visa dan dana pejalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris.

5. Beasiswa erasmus

Eropa merupakan salah satu tujuan favorit untuk menuntut ilmu dan beasiswa erasmus cocok dengan itu,, beasisswa ini menyediakan negara untuk tujuan studi di berbagai negara eropa , beasiswa ini juga ditujukan untuk para pelajar non eropa yang ingin melanjutkan studinya di eropa, program yang ditawarkan beasiswa ini merupakan program doktoral dan master.

Sama seperti beasiswa lainnya, penerima beasiswa ini mendapatkan tunjangan biaya kuliah, tunjangan biaya hidup, tempat tinggal serta biaya perjalanan. Peminat beasiswa ini sebesar sekitar 8%.

6. Beasiswa Gates Cambridge

Seperti namanya , beasiswa gates Cambridge merupakan program beasiswa yang berasal dari program beasiswa bill dan melinda gates fondation yang ditujukan untuk universitas Cambridge Inggris, beasiswa ini ditujukan bagi pelajar mancanegara yang ingin menempuh pascasarjana di University of Cambridge, bisa dikatakan beasiswa ini merupakan beasiswa yang bergengsi dikarenakan banyak ribuan pelamar yang mendaftar beasiswa yang hanya menyediakan 90 kuota saja petahunnya.

Banyak keuntungan yang diperoleh yang menarik para pelajar seperti tanggungan biaya kuliah, tunjangan keluarga dan kebutuhan lainnya, beasiswa ini mencari pelajar dengan prestasi yang brilian serta memilki jiwa kepemimpinan dan memilki komitmen terhadap kehidupan sosial.

7. Beasiswa Monbukagakusho

Jepang dengan segala teknologi yang berkembang serta negara maju di Asia merupakan negara favorit tujuan pelajar berprestasi di Indonesia. Beasiswa Monbukagakusho dikeluarkan langsung oleh kedutaan besar Jepang di Indonesia, setiap tahun ribuan mahasiswa asing yang berkuliah di Jepang melalui beasiswa Monbukagakusho ini.

Program yang ditawarkan oleh beasiswa ini yaitu research students, teacher training students, undergraduate university students, Japanese studies students, dan college of technology students.

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah selama di Jepang, tiket Pesawat  Pulang-Pergi, Biaya Masuk Universitas serta uang saku bulanan sekitar 143 ribu yen. Peminat beasiswa ini sebesar 9%, Program yang ditawarkan adalah sarjana , master dan doktoral.

8. Beasiswa Eifell

Eifell dikenal sebagai menara di negeri prancis, tapi siapa sangka Eifell juga merupakan nama beasiswa yang dikeluarkan oleh kementrian Luar Negeri Prancis, Beasiswa Eifell menawarkan pendidikan untuk negara negara berkembang sejak tahun 1999. Beasiswa ini menawarkan kesempatan untuk studi S2 dan S3 di sejumlah universitas di Prancis.

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar 1.000 – 1.400 euro, tiket perjalanan, asuransi kesehatan dan tunjangan akomodasi serta biaya kuliah sebesar 10.000 euro.

9. Beasiswa NFP

Beasiswa NFP atau yang bisa disebut dengan Netherlands Fellowship Programmes (NFP) merupakan beasiswa khusus yang ditujukan kepada pelamar pelamar beasiswa yang sudah memiliki pengalaman kerja yang sekurang kurangnya tiga tahun dan ingin melanjutkan studi pendidikan ke luar negeri, beasiswa ini diselenggarakan oleh pemerintah Belanda. Beasiswa ini menyediakan program yang bisa diikuti oleh para pelamar profesional seperti kursus singkat, Kuliah S2 (Master), dan studi D3 (PhD).

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang kompetitif dan harus melalui persaingan kompetitif karena kesempatan ini dibuka bagi 62 negara.

Para Penerima beasiswa ini akan mendapatkan tunjangan biaya kuliah, tunjangan biaya hidup, Visa, Tiket Perjalanan Pulang-Pergi, Asuransi Kesehatan serta biaya Riset.

10. Endeavour Scholarship

Endeavour Schoarship adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Australia, tak hanya Indonesia, Beasiswa ini dibuka bagi warganegara Asia-Pasifik, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika. Jenis Program beasiswa yang ditawarkan pun banyak yang mana diantaranya adalah Endeavour Postgraduate Scholarship, Endeavour Australia Cheung Kong Research Fellowship, Endeavour Research Fellowship, Endeavour Vocational Education and Training Scholarship, dan Endeavour Executive Fellowship.

Bagi para pelajar yang mendapatkan beasiswa ini akan mendapatkan beberapa tunjangan yang cukup banyak dibandingkan dengan beasiswa lain, seperti tunjangan biaya kuliah, tunjangan biaya hidup dan lain lain.untuk bisa mendapatkan beasiswa ini kepada calon penerima beasiswa pun harus membekali kemampuan bahasa Inggrisnya dengan skor IELTS 6,5.

Sekian, Semoga bisa bermanfaat buat adek adek yang ingin beasiswa luar negeri. Salam Mahasiswa!!

Tinggalkan Balasan