Calon Mahasiswa Harus Tahu!! Cara Memilih Jurusan Kuliah

Sudah waktunya anda lulus dari jengang SLTA dan akhirnya anda akan segera memasuki ke jenjang perkuliahan. Bicara tentang perkuliahan, mungkin ketika anda lulus atau sebelum lulus dari sekolah anda bingung dalam memilah jurusan, ,karena memilih jurusan bukanlah hal yang  mudah, dan nggk sedikit pula banyak orang yang menyesal karena merasa “salah jurusan” ketika perkulian sudah di mulai, memilih jurusan sama halnya anda memilih profesi pekerjaan apa yang pantas anda jalani di masa depan.

Akan tetapi kasus tersebut sering terjadi saat anda sudah masuk di dunia perkuliahan, di karenakan pada awalnya anda belum yakin apakan jurusan yang anda pilih sudah cocok atau tidak atau bahkan anda belum tahu mau masuk jurusan apa dan itu akan membuat ujung unjungnya menjadi stress saat menjalani perkuliahan.

Jadi kami disini akan membagikan sedikit tips gimana cara memilih jurusan kuliah agar anda tidak tejebak salah jurusan.

1. Pilih Jurusan yang anda sukai

Ketika anda bingung dalam memilih jurusan kuliah maka pililah jurusan yang anda sukai, karena ketika anda dalam menajalani proses perkuliahan anda akan menjalani hal hal yang anda sukai di kampus yang tentu itu bukanlah hal keterpaksaan, jangan Cuma memilih jurusan hanya untuk keren kerenan aja akan tetapi pililah jurusan yang anda sukai agar lebih mudah untuk manjalani.

2. Pililah jurusan yang memiliki banyal peluang pekerjaan

Selain yang anda sukai memilih jurusan yang memiliki banyak peluang pekerjaan juga penting, karena ketika kita lulus nanti kita bisa lebih mudah dalam mencari pekerjaan, meskipun jurusan tersebut memiliki banyak peminat akan tetapi peluang pekerjaan juga akan banyak. Jadi sebaiknya kita mempertimbangkan dulu untuk memilih jurusan kuliah dengan peluang pekerjaan yang besar. Carilah informasi mengenai perkerjaan di forum forum atau media social yang lainya untuk mempermudah dalam mencari informasi pekerjaan atau yang lainya.

3. Akreditasi Jurusan Perkuliahan

Setiap jurusan maupun akademik pastinya memiliki akreditasi tersendiri untuk masing masing jurusan, kenapa akreditasi itu penting? Karena akreditas tersebut nantinya akan di pertimbangkan ketika anda melamar kerja di perusahaan. Maka dari itu pilihlah jurusan dengan akreditasi yang cukup baik dan tentunya jurusan tersebut yaitu jurusan yang nantinya jurusan yang kamu minati.

4. Pilih jurusan sesuai kepribadian

Nah anda pasti bertanya tanya, apa sih hubungan kepribadian sama memilih jurusan? Ternyata dengan kepribadian anda bisa memilih jurusan dengan mudah karena dengan kepribadian tersebut bisa mempermudah dalam mempelajari pelajaran jurusan tersebut. Dan setiap oarng pastinya memiliki kepribadian yang berbeda beda. Menurut John Holland, kepribadian dapat dikelompokkan menjadi enam. Keenam kelompok kepribadian itu, yaitu: kepribadian realistic (realistis), thinkers (pemikir), creators (berjiwa seni), helpers (penolong), persuaders (menguasai orang lain), dan organizers (terorganisir). Nah dari beberapa kelompok tersebut tentunya anda bisa menyimpulkan diri anda sendiri dalam memilih jurusan.

5. Biaya

Dan yang terakhir yaitu biaya, jangan lupa biaya juga merupakan prioritas dalam memilih jurusan, kenapa? Karena jika kemampuan dari orang tua anda tidak sebanding maka nanti perkuliahanmu akan menjadi kendala. Kecuali anda mendapatkan beasiswa maka anda bisa memperingan pembiayaan dari orang tua akan tetapi nggk semua mahasiswa dapat beasiswa dengan mudah juga yaa. Maka dari itu sesuaikan biaya dengan keinginanmu.

Calon Mahasiswa Harus Tahu!! Cara Memilih Jurusan Kuliah
Ditag di: