Mahasiswa Adalah? Peran dan Fungsi Mahasiswa Menurut Para Ahli

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia Mahasiswa adalah seorang yang belajar di perguruan tinggi, dimana seseorang itu belajar di universitas, Sekolah Tinggi, maupun akademi.

Kata Mahasiswa sendiri berasal dari kata “Maha” dan “Siswa” dimana kata maha yang memiliki arti Besar sedangkan kata siswa adalah murid. Jadi bisa di simpulkan bahwa mahasiswa adalah seorang murid yang menempuh Pendidikan yang lebih tinggi yakni di perguruan tinggi.

Mahasiswa Adalah? Peran dan Fungsi Mahasiswa Menurut Para Ahli

Di perguruan tinggi seorang mahasiswa akan di tuntut untuk menjadi seorang yang mandiri baik segi pembelajaran maupun segi kehidupan, mahasiswa akan di tuntut untuk berfikir dan memecahkan suatu masalah sekaligus belajar menumbuhkan kreatifitas dan keterampilan  guna untuk bisa mendapatkan jadi diri mereka.

Secara umum menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa. Karena begitu besarnya tanggung jawab sekaligus tantangan yang akan menghadang kepada mahasiswa, dan seorang mahasiswa nantinya yang akan bias membawa perupahan dan dapat memberikan solusi bagi permasalahan di masyarakat. Peran dan fungsi

Mahasiswa menurut para ahli

Guardian of Value

Mahasiswa sebagai penjaga nilai-nilai masyarakat yang kebenarannya mutlak: kejujuran, keadilan, gotong royong, integritas, empati dan lainnya. Mahasiswa dituntut mampu berpikir secara ilmiah tentang nilai-nilai yang mereka jaga. Dan bukan hanya itu saja, mahasiswa juga sebagai pembawa, penyampai, serta penyebar nilai-nilai itu sendiri.

Agent of Change

Mahasiswa juga sebagai pengerak yang mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi, dengan melalui berbagai ilmu, gagasan, serta pengetahuan yang mereka miliki.

Bukan masanya lagi mahasiswa hanya diam dan tidak peduli dengan permasalahan bangasa dan negara, sebab dipundak merekalah (mahasiswa) titik kebangkitan suatu negara atau bangsa diletakan.

Moral Force

Mahasiswa dengan tingkat pendidikannya yang paling tinggi ‘diwajibkan’ untuk memiliki moral yang baik pula. Tingkat intelektual seorang mahasiswa akan disejajarkan dengan tingkat moralitasnya. Ini yang menyebabkan mengapa mahasiswa menjadi keuatan dari moral bangsa yang diharapkan dapat menjadi contoh dan pengerak perbaikan moral pada masyarakat.

Social Control

Mahasiswa melalui kemampuan intelektual, kepekaan sisoal serta sikap kritisnya, diharapkan mahasiswa mampu menjadi pengontrol sebuah kehidupan sosial pada masyarakat dengan cara memberikan saran, kritik serta solusi untuk permasalahan sosial masyarakat ataupun bangsa. Kutipan dari(www.gurupendidikan.co.id).

Terima Kasih untuk kalian semua yang sudah mendukung Blog mahasiswa dan sekian artikel dari kami kurang lebihnya, terima kasih. Salam Mahasiswa.

Facebook Comments
Mahasiswa Adalah? Peran dan Fungsi Mahasiswa Menurut Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *