SBMPTN bukan hal yang tabuh lagi bagi dunia pendidikan, khususnya pelajar SMA/SMK yang sekarang ini akan lulus di tahun 2019 yang akan datang, pastinya banyak pelajar yang ingin meneruskan pendidikan di Universitas Negeri yang terbaik, Pastinya jika ingin masuk Di Perguruan Tinggi Negeri Harus Menyiapkan beberapa hal untuk mengikuti Tes masuk .

Tapi tahukah kamu, ada Ketetapan baru yang akan dijalankan di SBMPTN 2019 yang akan datang, sebaiknya simak beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengikuti tes masuk pergurungan tinggi negeri berikut ini:
Lembaga penyelenggara
SBMPTN di tahun 2019 sekarang diselenggarakan oleh Lembaga Penyelenggara yaitu LTMPT yang merupakan Lembaga Penyelenggaran Tes Perguruan Tinggi, Lembaga ini termasuk lembaga Nirlaba yang bertugas sebagai pengelola data serta mengolah data dari calon mahasiswa baru untuk dijadikan bahan seleksi di jalur SNMPTN dan SBMPTN seperti yang dikutip oleh Menteri Mohammad Nasir di Konferensi Pers Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri “Tahun 2019 mendatang Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri diselenggarakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)”.
Sistem penyelenggaraan
Di tahun 2018 Sistem Penyelenggaraan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Harus Daftar PTN terlebih dahulu lalu Memilih Program Studi dan setelah itu kita baru bisa mengikuti tes, Untuk Sistem Penyelenggaraan di tahun 2019, Calon Mahasiswa atau Pendaftar akan Mengikuti test terlebih dahulu lalu jika hasil dari test tersebut keluar, para pendaftar bisa mendaftarkan nilainya di PTN atau pendaftar bisa mengikuti test lagi dan memilih hasil terbaik untuk bisa didaftarkan di PTN dan Program Studi yang diinginka.
Jika pendaftar mengikuti tes kedua kalinya soal yang diberikan berbeda dengan tes yang sebelumnya hanya saja jenis soal yang diberikan sama, Pendaftar Hanya bisa mengikuti ujian maksimal 2 kali, hal ini bertujuan agar PTN sebagai penerima Calon Mahasiswa baru dapat menjaring Calon Mahasiswa yang berkualitas, Cerdas dan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi di era digital saat ini.
Metode Tes
Berbeda dengan tes sebelumnya yang menggunakan metode tes UTBC atau bisa disebut Ujian Tulis Berbasis Cetak Di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 hanya terdapat satu metode tes yaitu metode tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di dua materi ujian yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik(TKA) . Sementara ini ujian akan dilaksanakan berbasis Kompter  untuk selanjutnya akan dilaksanakan Ujian berbasis Andoid hanya saja masih dalam tahap perkembangan.
Daya Tampung
Daya Tampung seleksi ujian masuk PTN 2019 Sedikit dikurangi di jalur SNMPTN yakni sekarang sebesar minimal 20%, untuk di jalur SBMPTN kuota yang disediakan sedikit lebih banyak sebesar minimal 40% untuk di Jalur Mandiri Kuota yang disediakan sama dengan sebelumnya yakni sebesar minimal 30% dari kuota daya tamput tiap program studi di PTN.
Uang Pendaftaran
Uang Pendaftaran di SBMPTN 2019 sama dengan SBMPTN 2018 yaitu sebesar Rp. 200.000,-  Yang membedakan hanya saja ketika pendaftar membayar biaya pendaftaran, uang tersebut bisa digunakan untuk mengikuti tes 2 kali seperti yang dijelaskan di poin diatas, hasil dari tes tersebut bisa digunakan untuk mendaftar di program studi yang diinginkan.
Waktu Ujian
Kemungkinan besar SBMPTN 2019 dilaksanakan sebelum Ujian Nasional diselenggarakan, yaitu sekitar bulan maret atau april 2019 yang akan datang.

Tes Kemampuan
Untuk yang sebelumnya di ujian tahun 2018 pendaftar yang memilih jurusan Olahraga dan seni diwajibkan untuk mengikuti ujian Kemampuan yang diselenggarakan di PTN, berbeda dengan  Ujian SBMPTN 2019 Tes Kemampuan dihilanggkan dan diganti dengan pengumpulan portofolio hasil dari karya atau video untuk dijadikan acuan untuk bisa masuk di program studi seni dan Olahraga.
Sekian bebeberapa informasi yang bisa diberikan Blog Mahasiswa Indonesia untuk para pelajar yang akan mengikuti tes ujian, Semangat terus dan berjuang untuk menggapai mimpi yang diinginkan.